Tips Mengetahui Website Palsu

Website palsu banyak digunakan oleh para scammer untuk mendapatkan data pribadi anda. Data pribadi anda bisa salah gunakan untuk kepentingan yang negatif. Susah – susah mudah untuk membedakan mana website yang asli dengan website yang palsu.  Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengetahui website palsu.

1.Selalu update browser dan antivirus anda. Browser dan antivirus yang anda gunakan sebaiknya selalu diupdate karena didalam browser dan antivirus terdapat fungsi keamanan yang dapat membantu anda dan memberitahu apakah website tersebut palsu atau bukan. Karena itu aktifkan opsi keamanan pada browser dan antivirus anda.

2.Sebelum anda melakukan transaksi keuangan secara online, pastikan browser anda menampilkan simbol gembok disamping alamat url contohnya Https:// . 

Tanpa tanda tersebut sebaiknya anda urungkan niat anda untuk melakukan transaksi online.

3.Website palsu sering menggunakan nama besar perusahaan,instansi masyarakat yang sudah memiliki nama yang terkenal. Gambar dan logo yang terlihat tidak proposional serta kata-kata yang kurang enak dibaca.

4. Selalu periksa identitasnya,seperti alamat ataupun nomer telponnya,jika anda ragu, hubungi mereka terlebih dahulu,tetapi anda harus tetap berhati-hati dalam menghubungi mereka. Karena itu selalu mencheck identitas dari website tersebut.

5. Percayalah pada naluri anda. Jika anda ragu-ragu dalam memasuki sebuah website sebaiknya jangan anda teruskan untuk memasukkan informasi anda.

6. Selalu berhati-hati memasuki dalam sebuah website. Jika website yang biasanya anda kunjungi berbeda dengan biasanya. Periksa kembali apakah itu website resmi yang sebenarnya atau itu website palsu.

Tidak ada komentar :

Floating Bubble Counter Social Share Plugin