Tips Komunikasi Internal

Era modern ini komunikasi yang terbuka, adanya jajak pendapat dengan karyawan dan adanya umpan balik antara karyawan dengan jajaran pimpinan seharusnya sudah banyak terjadi. Tetapi pada kenyataannya hal tersebut jarang dijumpai. Menyusun rencana komunikasi dengan karyawan yang baik sama seperti menyusun rencana strategi perusahaan. Dengan majalah internal dapat terciptakan komunikasi internal yang kuat. Hal ini dapat menjadi sebuah jembatan yang menghubungkan komunikasi terputus antara karyawan dengan pemilik, jajaran pimpinan dan stakeholder.

Berikut ini adalah beberapa yang harus dilakukan dan tidak semestinya dilakukan dalam membangun komunikasi dengan karyawan:
1.Melakukan kerjasama dengan beberapa departemen yang ada diperusahaan anda untuk merancang sebuah komunikasi yang tepat untuk karyawan anda.
2.Gunakanlah beberapa hal untuk berkomunikasi dengan karyawan anda, tidak tergantung pada meeting yang dilakukan secara mendadak.
3.Menindaklanjuti kritik yang diterima untuk dipahami dari karyawan anda.
4.Membuat jadwal rutin meeting untuk memastikan komunikasi tetap terjalin dengan karyawan anda.
5.Lakukan pelatihan untuk menambah skill, kualitas serta pengetahuan karyawan anda.
6.Jangan membiarkan isu-isu yang tidak benar di lingkungan karyawan yang dapat berdampak pada pekerjaan dan citra perusahaan anda.
7.Jangan pernah  beranggapan bahwa semua karyawan anda mengetahui informasi terbaru tentang perusahaan anda.
8.Jangan menyebarkan informasi yang menyangkut tentang SARA kepada karyawan.
9.Jangan pernah mengandalkan supervisor untuk menyampaikan informasi kepada para staf kecuali sudah dilatih dan dapat dipercaya untuk peran tersebut. Serta harus ada tindak lanjut untuk memastikan komunikasi telah tersampai dengan benar.
Karena itulah guna dari adanya majalah internal dan Go Seven Publishing merupakan tempat yang tepat untuk membuat majalah internal. Karena Go Seven Publishing terdiri dari team yang beranggotakan jurnalis serta photographer yang sudah berpengalaman dalam menyampaikan informasi berita kepada masyarakat luas.
Jika perusahaan anda membutuhkan jasa pembuatan majalah internal,anda dapat menghubungi Go Seven Publishing.


Ditulis Oleh Nanang Prasetyo

Floating Bubble Counter Social Share Plugin